Sambas

Masyarakat Sebawi Mengeluh Air PDAM Tidak Jalan 14 Hari, Ternyata Ini Sebabnya!

×

Masyarakat Sebawi Mengeluh Air PDAM Tidak Jalan 14 Hari, Ternyata Ini Sebabnya!

Sebarkan artikel ini
Petugas PDAM Tirta Muare Ulakan Sambas sedang uji coba Optimalisasi SPAM Sebawi.
Petugas PDAM Tirta Muare Ulakan Sambas sedang uji coba Optimalisasi SPAM Sebawi.

JEJARING KALBAR, -Kurang lebih 14 hari ini, sebagian masyarakat di Kecamatan Sebawi mengeluh air ledeng PDAM Tirta Muare Ulakan tidak jalan. Bahkan banyak yang melapor ke BPD Sempalai Sebedang, Minggu 10 November 2024.

BPD Desa Sempalai Sebedang, Ardy Sanjaya mengatakan keluhan masyarakat yang diterima sudah sangat banyak. Ia sudah berupaya mengkonfirmasi itu ke PDAM Tirta Muare Ulakan namun belum ada hasil.

“Tanggal 28-29 Oktober ada pemberitahuan uji coba optimalisasi SPAM Sebawi yang saya lihat di akun Facebook Perumda Sambas. Sampai hari ini memang air masih tidak jalan, sudah banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan ini ke saya,” ujarnya.

Ardy Sanjaya mengatakan, belum ada pemberitahuan lebih lanjut dari PDAM Tirta Muare Ulakan mauka lewat akun Facebook resmi mereka Perumda Sambas soal masalah distribusi air bersih di wilayah Kecamatan Sebawi.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Muare Ulakan Sambas, Arpandi saat dikonfirmasi menjelaskan, mereka sedang melakukan uji coba pengolahan air dan sistem pengaliran, yang man itu adalah program kegiatan dari Dinas Perkim LH tahun 2024.

Lebih jelas ia mengatakan, kegiatan yang dilakukan Dinas Perkim LH Kabupaten Sambas itu adalah optimalisasi IPA dan instalasi listrik di Sebedang. Kemudian yang belum selesai sekarang adalah pengelolaan jaringan pipa dan pengalirannya.

“Ada yang sudah mengalir dan ada yang belum terutama pada pipa terujung dan tanjakan serta jalur yang masih mengalirkan air baku dengan sistem gravitasi. Kita juga sudah koordinasikan masalah distribusi air bersih ini ke Dewan Dapil Sebawi,” katanya.

Arpandi berharap, upaya pendistribusian air olahan yang selama ini belum diolah dapat lebih menjamin kelayakan untuk konsumen, lalu terkait ada beberapa daerah yang belum mengalir pihaknya terus berupaya untuk melakukan pelayanan optimal.

“Mohon bersabar bagi masyarakat yang terdampak,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *